10 jenis Tank MBT negara-negara dunia (main battle tank)


Negara yang pertama kali menggunakan tank di medan perang adalah Inggris pada 1915 dalam Perang Dunia I. Sejak saat itu, tank menjadi salah satu tulang punggung dunia militer dan mengalami perkembangan sangat pesat. Kini hampir setiap negara mengembangkan model tank sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan medan perang yang akan mereka hadapi. Berikut 10 jenis tank yang dianggap terbaik di dunia saat ini:


1. Leopard 2A7 (Jerman)

 


Sebagai generasi kedua desain tank Leopard 2, Leopard 2A7 merupakan versi terbaru ini memiliki armor tambahan dan elektronik yang diperbarui. Leopard 2A7 mampu menghadapi ancaman perang konvensional dan perkotaan, seperti serangan RPG dan IED. Tank ini memiliki akurasi yang lebih baik dan rentang tembak yang lebih panjang dengan tank lain, karena senapannya yang kuat dan sistem kontrol api yang canggih. Militer Jerman berencana untuk meng-upgrade 50 menjadi 150 tank ke standar 2A7.


2. K2 Black Panther (Korea Selatan)


 

Saat ini Black Panther adalah salah satu tank tempur utama paling maju di dunia, melebihi apa pun yang dimiliki Korea Utara atau China. Tak hanya itu, tank tempur ini dikenal paling mahal sampai saat ini. Tank ini menggunakan armor komposit dari jenis armor reaktif dan bahan peledak reaktif. Black Panther juga dilengkapi dengan sistem proteksi dan penanggulangan aktif,

Tank baru Korea Selatan ini dipersenjatai dengan senjata Jerman 120 mm / L55 terbaru, serupa dengan yang digunakan pada Leopard 2A6 Jerman dan 2A7. Kendaraan tempur ini memiliki sistem kontrol api yang sangat canggih, dapat melihat, melacak dan menembak secara otomatis pada target ukuran kendaraan yang terlihat, dan bahkan mamampu menghancurkan helikopter saat terbang rendah, tanpa memerlukan masukan dari operator manusia.

3. M1A2 SEP (AS)

 



M1A2 SEP adalah penerus M1A2 Abrams. Tank ini memiliki teknologi dan baju besi yang luar biasa dan menjadi salah satu MBT yang paling ditakuti. M1A2 SEP menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap semua senjata anti-tank yang terkenal. Tank tempur utama ini juga diperkuat dengan lapisan uranium yang habis.

Namun daya tembak dan akurasinya sedikit lebih rendah dari pada Leopard 2A7 atau K9 Black Panther Korsel karena pistol smoothbore 120 mm / L44 yang lebih pendek. Dengan dilengkapi dengan Tank Urban Survival Kit (TUSK), tank ini mampu meningkatkan survivabilitas di lingkungan perkotaan.

4. Challenger 2 (Inggris)





Ini adalah tangki yang sangat mumpuni. Challenger 2 memiliki armor Chobham terbaru dan merupakan salah satu MBT terlindungi di dunia saat ini. Dengan dipersenjatai senjata senapan 120 mm, tank ini terkenal akurasinya dengan jangkauan maksimumnya adalah lebih dari 5 km. Saat ini Challenger memegang rekor untuk membunuh tank-to-tank terpanjang.


5 Armata (Rusia)

 



Armata adalah tank tempur utama baru dari generasi baru. Terbuat dari bahan baja, keramik dan komposit, Armata juga memiliki armor reaktif peledak reaktif baru. Tank ini dioperasikan oleh awak 3 orang. Semua awak kapal duduk berdampingan di ruang lapis baja yang terlindungi dengan baik, terletak di bagian depan lambung tank.

Armata dipersenjatai dengan pistol smoothbore 125 mm baru yang lebih akurat daripada senapan tank Rusia sebelumnya. Tank ini bisa meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti proyektil biasa.


6. Merkava Mk.4 (Israel)

 

Merkava Mk.4 adalah tank tempur utama Israel yang terbaru. Kendaraan tempur ini dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Trophy yang mampu menghancurkan rudal dan roket anti-tank yang masuk. Tank ini juga terlindungi dari peluru kendali peluncur udara dan senjata anti-tank top attack.

Dengan dipersenjatai dengan pistol smoothbore murni 120 mm, Merkava Mk.4 juga dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran baru, yang mencakup beberapa fitur yang sangat canggih.

7. Tipe 90 (Jepang)



Tank Tipe Jepang 90 dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries bekerja sama dengan produsen tank Jerman Krauss-Maffei dan MaK. Tipe ini memiliki sejumlah kesamaan eksternal dengan Leopard Jerman 2. MBT ini dipersenjatai Jerman Rheinmetall 120 mm smoothbore gun, yang diproduksi di Jepang dengan lisensi.

Fitur lain yang tidak biasa dari tangki ini adalah memiliki suspensi hidropneumatik.

8 Leclerc (Prancis)

 



Leclerc digunakan selama sejumlah operasi pemeliharaan perdamaian dan militer. Tank Prancis ini memiliki armor komposit canggih dengan armor modular add-on. Tingkat perlindungan bisa disesuaikan dengan ancaman. Atap menara dan atap hull dirancang untuk menahan amunisi top-attack. Namun dalam hal perlindungan Leclerc tidak bisa menandingi tank seperti AS M1A2 Abrams atau British Challenger 2.

Tangki ini dipersenjatai dengan senapan 120 mm / L52. MBT ini dioperasikan oleh awak tiga dan dilengkapi dengan sistem pemuatan amunisi otomatis. Leclerc juga dapat melibatkan 6 target, berjarak 1,5 - 2 km, dalam satu menit dengan probabilitas mencapai 95 persen. Itu hasil yang mengesankan.

9 Oplot-M (Ukraina)

 


Dengan runtuhnya Uni Soviet, Ukraina melanjutkan pembangunan tank tempur utama T-80UD. Versi terbaru dari tangki ini adalah Oplot-M.

Oplot-M dilengkapi dengan armor reaktif eksplosif generasi baru. MBT ini diwarisi dari sistem pemuatan amunisi otomatis pendahulunya. Amunisi disimpan di kompartemen utama, bukan kompartemen terpisah dengan panel blow-out.

Tank ini dapat meluncurkan rudal peluncur anti-tank dengan cara yang sama seperti amunisi biasa dengan jangkauan maksimal 5 km.

10. T-90 (Rusia)

 



Meski tidak secanggih pesaingnya di Barat, T-90 menggunakan teknologi yang telah terbukti dan hemat biaya. Saat ini adalah tank tempur utama yang paling sukses secara komersil di pasar global, karena menjadi salah satu yang termurah di antara MBT modern.

T-90 bisa meluncurkan rudal peluncur anti-tank dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Sistem kontrol kebakaran T-90 cukup memadai di tahun 1990an, saat tank ini diperkenalkan.