Mortar Terbesar di Dunia Little David

Little David adalah julukan dari mortar Amerika kaliber 36 inci (910 mm) digunakan untuk tes menembak bom udara selama Perang Dunia II, yang merupakan salah satu senjata kaliber terbesar yang pernah dibangun, memiliki kaliber lebih besar dari senjata api Dora Jerman dan Gustav yang adalah 31,5 inci (800 mm). Mallet's Mortar Inggris memiliki kaliber yang sama.

Mortar Terbesar di Dunia Little David

Senjata ini adalah hasil uji coba dari Amerika Serikat, pada perang dunia, bentuknya sangat sederhana dibandingan dengan "Syerer Gustav" atau "Carl". Namun senjata ini masih memegang rekor senjata terbesar dengan kaliber 914 mm atau 36 inci di antara senjata artileri modern lainnya.

Mortir Little David ini masih memegang rekor untuk kaliber besar 914mm atau 36 inci antara semua senjata artileri modern.

Spesifikasi Little David
Little David was the nickname of an American 36 inches (910 mm) caliber mortar used for test firing aerial bombs during World War II, that is one of the largest calibre guns ever built, having a larger calibre than both of Germany's Dora and Gustav which were 31.5 inches (800 mm) railway guns. Great Britain's Mallet's Mortar had an identical calibre.

Type Heavy mortar
Place of origin United States
Service history
In service Testing only
Used by USA
Wars World War II
Specifications
Weight 40 tons (without carriage)
Barrel length 22 feet (6.7 m)
Shell 3,650 pounds (1,656 kg)
Caliber 36 inches (914 mm)
Barrels 1
Muzzle velocity 1250 ft/s (381 m/s)
Maximum firing range 6 miles (9.7 km)
Feed system Muzzle loading


Little David adalah salah satu artileri terbesar yang pernah diproduksi, oleh kaliber, meskipun Dora menembakkan shell lebih berat. Keefektifan akan dipertanyakan karena jangkauan dan akurasi terbatas. Ketika Jepang menyerah, dan Little David (masih dalam tahap uji coba) tidak pernah melibat dalam pertempuran.

Little David saat ini berada dalam koleksi luar museum armor dan artileri di Aberdeen Proving Grounds di Maryland.

mau tahu kehebatan dan dahsyatnya tembakan dari mortar terbesar ini saksikan vidio dibawah ini :