Perbedaan antara Panzer III dan Panzer IV Tank Jerman PD 2

Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan yang mencolok antara panzer III dan Panzer IV bagi para penggemar tank, historian, atau pemain World of Tanks dan game sejenisnya yang bingung bedain antara kedua panzer tersebut.
Oke ini akan saya mulai perbedaan dua panzer tersebut


1. Panzerkampfwagen III (Panzer III)



Gambar diatas adalah Panzer III Ausf H, bisa dilihat dari persenjataannya masih berukuran 37mm untuk ausf A sampai ke Ausf F, 50mm untuk ausf F sampai ausf M, khusus untuk panzer III ausf N sudah memakai 75mm untuk menyaingi panzer IV dan heavy tank lainnya.
Fungsi utama dari panzer III sebagai untuk melawan tank atau armored forces seperti Light Armored Vehicle (LAV) dan Self Properred Gun (SPG). Untuk berat panzer III sendiri berbobot kurang lebih 23 ton, dan jumlah rodanya masing" ada enam. Tank ini mempunyai kecepatan maksimal untuk di medan jalan 40 km per jam, sedangkan untuk off road 20 km per jam, untuk armor sendiri panzer III ketebalan armornya 50mm

2. Panzerkampfwagen IV (Panzer IV)



Gambar diatas adalah Panzer IV ausf F2, panzer IV ini memiliki persenjataan yang lebih besar dari panzer III, yaitu 75mm, fungsi awal dari tank ini sebenarnya hanya sebagai support tank, yang berarti persenjataannya lebih ke arah High Explosive atau daya ledak tinggi, dengan penetrasi yang lebih lemah. Namun sesuai berkembangnya teknologi saat perang dunia 2, dan Soviet saat itu mempunyai tank T-34 yang lebih tangguh dari panzer IV saat itu, maka mulai dari ausf F2, panzer IV ditingkatkan lagi armornya dan turretnya, dengan berbobot 25 ton lebih berat sedikit dari Panzer III dan ketebalan armor 80mm, panzer IV lebih tangguh dari panzer III dan berfungsi sama dengan panzer III untuk melawan tank dan armored forces lainnya.

Kesimpulan perbedaan Panzer III dan Panzer IV
- Panzer III memiliki persenjataan yang lebih kecil daripada panzer IV hingga ausf N
- Panzer III memiliki jumlah roda 6 sedangkan Panzer IV memiliki jumlah roda 8
- Panzer III lebih lincah dan cepat daripada Panzer IV, sehingga lebih muda untuk menghindari tembakan dari tank musuh
- Karena lebih lincah dan cepat, maka ketebalan armor Panzer III lebih tipis daripada Panzer IV
Sekian ulasan perbedaan antara Panzer III dan Panzer IV dari saya, semoga bermanfaat dan lebih tau perbedaannya sekarang, bila masih tidak mengerti atau ada kesalahan, silahkan komentar di bawah.
 
Sumber : http://panzergeek.blogspot.com/2016/06/perbedaan-antara-panzer-iii-dan-panzer.html