Operasi mengangkat U-Boat untuk mengambil Cargo yang berharga

Pada tahun 1958, sebuah kapal selam Jerman dikibarkan dari kedalaman Kattegat Bay antara Utara dan Laut Baltik di lepas pantai Swedia. U-boat telah beristirahat di sana selama 13 tahun.




Kapal selam Jerman, U-843, adalah Type IXC / 40 yang digunakan oleh Kriegsmarine 1942-45. Kapitänleutnant Oskar Herwatz memerintahkan kapal melalui tiga patroli. keberhasilan terbesar U-Boat ini adalah telah tenggelam Nebraska, sebuah kapal pengangkutan barang dagang Inggris.  yang mengakibatkan dua awak Nebraska hilang. Untungnya, kru kapal dan penumpang diselamatkan.


Patroli keempat U-843 adalah yang terakhir dan mengalami kerusakan tabung torpedo di April 1944 dari B-24 serangan bom Amerika. U-boat tenggelam setahun kemudian, setelah jangka panjang dari Hindia, sekitar Tanjung, dan back up ke perairan Skandinavia.


U-843 hanya barat dari Gothenburg, Swedia ketika diserang dan dipukul dengan roket dari RAF 235 Squadron de Havilland DH 98 Mosquito. Kerusakan berkelanjutan selama serangan itu tidak luas, sehingga Kapten Herwatz pergi di dek untuk mengawasi perbaikan. Tiba-tiba, dengan ngeri kapal terbalik dan tenggelam, hanya menyisakan 13 orang yang selamat dari awak 58 orang.


puing-puing itu ditemukan oleh seorang penyelam pada tahun 1947 tetapi tidak di naikan ke darat sampai akhirnya tahun 1958. Herwatz selamat dari tenggelamnya U-boat dan berada di tangan untuk membantu dalam pemulihan.


U-Boat itu sendiri tidak layak pakai, tapi kargo yang ada didalamnya itu. Barang-barang itu telah membawa dari Batavia (sekarang Jakarta di Indonesia) termasuk karet, timah, molibdenum, dan opium. Untuk menaikkan biaya perahu sekitar £ 20.000. Isinya senilai £ 80.000 - membuat pengibaran sub layak usaha. Butuh waktu tiga minggu untuk menyelesaikan pekerjaan.



Lihat video di bawah ini untuk menjelajahi pulih U-843 tersebut.